Impact Idol Korea Menjadi Brand Ambassador dan Minat pada Pembeliannya.
Korean Wave atau Hallyu (Budaya Populer Korea) merupakan salah satu budaya populer yang berasal dari Korea Selatan. Pada Tahun 2023 β Sekarang , Demam Korea selatan atau Korean Wave sedang di gemari oleh banyak Peminat. Semakin di rasakan semakin banyak peminat yang berkiblat pada tren yang ada di korea selatan tersebut. Dimulai dari Tren kecantikan , fashion , music , drama hingga makanannya. Karena banyaknya Penggemar di seluruh dunia maka saat ini banyak sekali perusahaan ternama yang menggunakan Idol Korea Selatan sebagai Brand Ambassador , karena dirasa akan menarik para pelanggan khusunya fans idol tersebut serta meningkatkan penjualan dan minat pembeli pada brand yang bersangkutan. Sampai akhirnya teknik marketing tersebut banyak diminati oleh perusahaan yang ingin meningkatkan minat pembelian serta keuntungan .
π IMPACT IDOL KOREA SEBAGAI BRAND AMBASSADOR
Sebelum lanjut mari kita kenalan dengan makna
dari Brand Ambassador.
Brand Ambassador merupakan seseorang yang
mempunyai peran besar bagi sebuah brand dan juga marketing dari sebuah
perusahaan. Seorang Brand Ambassador merupakan orang β orang yang diajak
bekerja sama oleh perusahaan tersebut untuk menjadi sebuah Ikon atau Wajah dari
Brand atau produk tersebut. Seseorang yang menjadi Ikon dari Perusahaan
tersebut akan diberikan berbagai ilmu mengenai sebuah produk dari brand yang
akan di promosikan. Seorang Brand Ambassador juga diwajibkan untuk menunjukan
rasa suka dan sesekali mempromosikan produk dari brand yang bersangkutan.
Biasanya seorang yang akan menjadi Brand Ambassador merupakan orang β orang yang berpengaruh dan popular contohnya yaitu Idol Kpop , artis , actor serta orang yang bisa memberikan dampak pada masyarakat. Seorang Brand Ambassador yang mewakili suatu perusahaan harus memiliki indicator yang terdapat dalam model modifikasi brand ambassador atau model viscap yang ditemukan oleh Rossiter dan percy yakini , visibility ( kepopuleran ), credibility ( kredibilitas ) , attraction ( daya Tarik ), dan power ( kekuatan ). Adapun tanggung jawab apabila menjadi Brand Ambassador yaitu sebagai berikut :
- Memahami Visi dan Misi dari perusahaan yang bersangkutan dengan sebaik β baiknya.
- Mewakili Brand tersebut secara Positif dalam berbagai hal.
- Berpartisipasi dalam Event marketing yang diadakan oleh perusahaan ataupun selalu siap bila di undang oleh brand untuk keperluan promosi
- Memberikan insight yang positif pada brand yang bersangkutan.
- Membangun opini positif tentang brand yang
sedang di promosikan.
- Mempromosikan brand melalui media social probadinya.
Dari tadi kita membahas terus mengenai sebuah
promosi , jadi apasih promosi itu? . Promosi merupakan suatu bentuk komunikasi
pemasaran ( marketing ) yang dilakukan untuk menyebarkan informasi mengenai
produk dari sebuah perusahaan yang akan ditawarkan , juga membujuk para pembeli
untuk membeli produk yang ditawarkan tersebut.
Menurut Kotler
& Armstrong , jenis β jenis promosi dibagi menjadi 5 jenis yaitu
sebagai berikut :
- Avertising ( periklanan ) , merupakan salah satu jenis promosi dengan segala bentuk presentasi dan promosi ide , barang ataupun jasa dengan sponsor tertentu.
- Sales Promotion ( Promosi Penjualan ) ,
merupakan salah satu jenis promosi yang memberikan dampak jangka pendek untuk
meningkatkan penjualan atau pembelian pada produk.
- Public Relations ( Hubungan masyarakat ) ,
merupakan salah satu jenis promosi yang bertujuan untuk membangun hubungan baik
dengan para pelanggan untuk mendapatkan citra baik perusahaan , menangangi ,
dan menghadapi rumor yang ada dimasyarakat tentang perusahaan.
- Personal Selling ( Penjualan personal ) ,
merupakan salah satu jenis promosi yang menawarkan langsung pada pembeli dengan
tujuan menghasilkan dan membangun hubungan dengan pelanggan.
- Direct Marketing ( Pemasaran langsung ) , merupakan salah satu jenis promosi yang berhubungan langsung dengan pelanggan individual yang ditargetkan secara cermat dan potensial untuk mendapatkan respon membangun hubungan dengan pembeli.
B. π MINAT PELANGGAN PADA PEMBELIAN BRAND DARI IDOL
SEBAGAI BRAND AMBASSADOR
Dengan adanya seorang yang berpengaruh dan popular
pada suatu brand sudah pasti mempengaruhi minat pembelian pada produk tersebut
dan juga meingkatkan penjualan produk. Brand
ambassador yang mempromosikan produk
suatu brand perusahaan sudah dipercayai oleh perusahaan untuk selalu
mempromosikan brand tersebut secara positif dan mampu menarik banyak orang
untuk membeli produk tersebut sehingga produk yang di promosikan mengalami
kenaikan penjualan.
Tingginya angka permintaan dan minat konsumen
terhadap produk juga mempengaruhi citra dan kepopuleran dari sang brand
ambassador sehingga seorang brand ambassador tersebut banyak diincar dan dicari
oleh perusahaan β perusahaan lainnya untuk bergabung menjadi brand ambassador. Contoh
pada idol sebagai brand ambassador yang paling diperbincangkan dan di mention
selama event Fashion Week 2024 yang rata β rata memenuhi undangan sebagai brand
ambassador yaitu sebagai berikut :
- Jisoo BlackPink -> Dior
- Felix Stray Kids -> Louis Vuitton
- I.N Stray Kids -> Alexander Mcqueen
- Lisa BlackPink -> Louis Vuitton
- Jennie BlackPink -> Channel
- Mingyu Seventeen -> Dior
- Hyunjin Stray Kids -> Versace
- Rose BlackPink -> Yves Saint Laurent
Para Idol di atas adalah salah satu contoh dari banyaknya ido yang dating pada Event fashion week yang mendapatkan perbincangan serta mention yang banyak pada saat event berlangsung. Pengaruh perbicangan mempunyai dampak positif pada brand yang dibawa dengan meningkatnya peminat pada produk β produk yang dipromosikan atau dipakai pada saat event fashion week berlangsung.
Pengaruh dari kepopuleran idol menjadi brand
ambassador juga dirasakan pada perusahaan yang menjadikan brand tersebut banyak
diperbincangkan dan popular dikalangannya serta saling menunjukkan pada brand
lawan mengenai kepopulerannya.
KESIMPULAN
Seorang idol yang menjadi Brand Ambassador
membawa pengaruh positif terhadap suatu perusahaan , dikarenakan mampu menarik
minat pembeli serta meningkatkan penjualan yang berdampak positif pada kenaikan
laba perusahaan. Adapun Idol yang menjadi Brand Ambassador mendapatkan
keuntungan apabila menjadi BA pada Perusahaan ternama yang menjadikannya lebih popular
dan daya jual yang mahal serta meningkatnya penggemar yang menyukai idol
tersebut.
REFERENSI
Retnoning Ambarwati,Retnoning Ambarwati,Susi Arijanti, Imam Jayanto ( 2023 ). Pengaruh Brand Ambassador Idol korea dalam mempromosikan produk serta dampaknya terhadap keputusan dan minat pembelian di Indonesia ( Literature Review ).jurnal bisnis dan menajemen west science.
Yuliani, N. N., Utamidewi, W., & Lubis, F. M. (2024). Pengaruh Brand Ambassador Idol Korea Red Velvet Terhadap Minat Beli Produk Azarine Dikalangan Followers Instagram @azarinecosmeticofficial.
Putra, M. I. 2014. Pengaruh Brand Ambassador Terhadap Brand Image Serta Dampaknya Terhadap Keputusan Pembelian (Survey Pada Pengguna Line Di Asia). Jurnal Administrasi Bisnis.
Qanaah, R. F., Abidin, Z., & Nurkinan, N. (2023). Hubungan Penggunaan Brand Ambassador Twice Terhadap Minat Beli Produk Scarlett Pada Remaja. NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial
Era, F.K., Joko Widodo,
Mukhamad, Z.( 2022). The Effect Of Using The K-Pop Idol Ambassador
Brand And Company Brand Image On Purchase Decisions On The Marketplace Shopee.Jurnal
Ilmu manajemen.
Komentar
Posting Komentar