Impact Idol Korea Menjadi Brand Ambassador dan Minat pada Pembeliannya.

Bagaimana sih Impact Idol Korea Menjadi Brand Ambassador?

 


Korean Wave atau Hallyu (Budaya Populer Korea) merupakan salah satu budaya populer yang berasal dari Korea Selatan. Pada Tahun 2023 – Sekarang , Demam Korea selatan atau Korean Wave sedang di gemari oleh banyak Peminat. Semakin di rasakan semakin banyak peminat yang berkiblat pada tren yang ada di korea selatan tersebut. Dimulai dari Tren kecantikan , fashion , music , drama hingga makanannya. Karena banyaknya Penggemar di seluruh dunia maka saat ini banyak sekali perusahaan ternama yang menggunakan Idol Korea Selatan sebagai Brand Ambassador , karena dirasa akan menarik para pelanggan khusunya fans idol tersebut serta meningkatkan penjualan dan minat pembeli pada brand yang bersangkutan. Sampai akhirnya teknik marketing tersebut banyak diminati oleh perusahaan yang ingin meningkatkan minat pembelian serta keuntungan .


πŸ™Ž IMPACT IDOL KOREA SEBAGAI BRAND AMBASSADOR

Sebelum lanjut mari kita kenalan dengan makna dari Brand Ambassador.

Brand Ambassador merupakan seseorang yang mempunyai peran besar bagi sebuah brand dan juga marketing dari sebuah perusahaan. Seorang Brand Ambassador merupakan orang – orang yang diajak bekerja sama oleh perusahaan tersebut untuk menjadi sebuah Ikon atau Wajah dari Brand atau produk tersebut. Seseorang yang menjadi Ikon dari Perusahaan tersebut akan diberikan berbagai ilmu mengenai sebuah produk dari brand yang akan di promosikan. Seorang Brand Ambassador juga diwajibkan untuk menunjukan rasa suka dan sesekali mempromosikan produk dari brand yang bersangkutan.

Biasanya seorang yang akan menjadi Brand Ambassador merupakan orang – orang yang berpengaruh dan popular contohnya yaitu Idol Kpop , artis , actor serta orang yang bisa memberikan dampak pada masyarakat. Seorang Brand Ambassador yang mewakili suatu perusahaan harus memiliki indicator yang terdapat dalam model modifikasi brand ambassador atau model viscap yang ditemukan oleh Rossiter dan percy yakini , visibility ( kepopuleran ), credibility ( kredibilitas ) , attraction ( daya Tarik ), dan power ( kekuatan ). Adapun tanggung jawab apabila menjadi Brand Ambassador yaitu sebagai berikut :

  1. Memahami Visi dan Misi dari perusahaan yang bersangkutan dengan sebaik – baiknya.
  2. Mewakili Brand tersebut secara Positif dalam berbagai hal.
  3. Berpartisipasi dalam Event marketing yang diadakan oleh perusahaan ataupun selalu siap bila di undang oleh brand untuk keperluan promosi
  4. Memberikan insight yang positif pada brand yang bersangkutan.
  5. Membangun opini positif tentang brand yang sedang di promosikan.
  6. Mempromosikan brand melalui media social probadinya.

Dari tadi kita membahas terus mengenai sebuah promosi , jadi apasih promosi itu? . Promosi merupakan suatu bentuk komunikasi pemasaran ( marketing ) yang dilakukan untuk menyebarkan informasi mengenai produk dari sebuah perusahaan yang akan ditawarkan , juga membujuk para pembeli untuk membeli produk yang ditawarkan tersebut.

Menurut Kotler & Armstrong , jenis – jenis promosi dibagi menjadi 5 jenis yaitu sebagai berikut :

  1.  Avertising ( periklanan ) , merupakan salah satu jenis promosi dengan segala bentuk presentasi dan promosi ide , barang ataupun jasa dengan sponsor tertentu.
  2. Sales Promotion ( Promosi Penjualan ) , merupakan salah satu jenis promosi yang memberikan dampak jangka pendek untuk meningkatkan penjualan atau pembelian pada produk.
  3. Public Relations ( Hubungan masyarakat ) , merupakan salah satu jenis promosi yang bertujuan untuk membangun hubungan baik dengan para pelanggan untuk mendapatkan citra baik perusahaan , menangangi , dan menghadapi rumor yang ada dimasyarakat tentang perusahaan.
  4. Personal Selling ( Penjualan personal ) , merupakan salah satu jenis promosi yang menawarkan langsung pada pembeli dengan tujuan menghasilkan dan membangun hubungan dengan pelanggan.
  5. Direct Marketing ( Pemasaran langsung ) , merupakan salah satu jenis promosi yang berhubungan langsung dengan pelanggan individual yang ditargetkan secara cermat dan potensial untuk mendapatkan respon membangun hubungan dengan pembeli.

 

B.      πŸ™Ž MINAT PELANGGAN PADA PEMBELIAN BRAND DARI IDOL SEBAGAI BRAND AMBASSADOR

Dengan adanya seorang yang berpengaruh dan popular pada suatu brand sudah pasti mempengaruhi minat pembelian pada produk tersebut dan juga meingkatkan penjualan produk.  Brand  ambassador yang mempromosikan produk suatu brand perusahaan sudah dipercayai oleh perusahaan untuk selalu mempromosikan brand tersebut secara positif dan mampu menarik banyak orang untuk membeli produk tersebut sehingga produk yang di promosikan mengalami kenaikan penjualan.

Tingginya angka permintaan dan minat konsumen terhadap produk juga mempengaruhi citra dan kepopuleran dari sang brand ambassador sehingga seorang brand ambassador tersebut banyak diincar dan dicari oleh perusahaan – perusahaan lainnya untuk bergabung menjadi brand ambassador. Contoh pada idol sebagai brand ambassador yang paling diperbincangkan dan di mention selama event Fashion Week 2024 yang rata – rata memenuhi undangan sebagai brand ambassador yaitu sebagai berikut :

  1.        Jisoo BlackPink -> Dior
  2.       Felix Stray Kids -> Louis Vuitton
  3.        I.N Stray Kids -> Alexander Mcqueen
  4.       Lisa BlackPink -> Louis Vuitton
  5.       Jennie BlackPink -> Channel
  6.       Mingyu Seventeen -> Dior
  7.       Hyunjin Stray Kids -> Versace
  8.       Rose BlackPink -> Yves Saint Laurent

Para Idol di atas adalah salah satu contoh dari banyaknya ido yang dating pada Event fashion week yang mendapatkan perbincangan serta mention yang banyak pada saat event berlangsung. Pengaruh perbicangan mempunyai dampak positif pada brand yang dibawa dengan meningkatnya peminat pada produk – produk yang dipromosikan atau dipakai pada saat event fashion week berlangsung.

Pengaruh dari kepopuleran idol menjadi brand ambassador juga dirasakan pada perusahaan yang menjadikan brand tersebut banyak diperbincangkan dan popular dikalangannya serta saling menunjukkan pada brand lawan mengenai kepopulerannya.


KESIMPULAN

Seorang idol yang menjadi Brand Ambassador membawa pengaruh positif terhadap suatu perusahaan , dikarenakan mampu menarik minat pembeli serta meningkatkan penjualan yang berdampak positif pada kenaikan laba perusahaan. Adapun Idol yang menjadi Brand Ambassador mendapatkan keuntungan apabila menjadi BA pada Perusahaan ternama yang menjadikannya lebih popular dan daya jual yang mahal serta meningkatnya penggemar yang menyukai idol tersebut.

 


REFERENSI

Retnoning Ambarwati,Retnoning Ambarwati,Susi Arijanti, Imam Jayanto ( 2023 ). Pengaruh Brand Ambassador Idol korea dalam mempromosikan produk serta dampaknya terhadap keputusan dan minat pembelian di Indonesia ( Literature Review ).jurnal bisnis dan menajemen west science.

Yuliani, N. N., Utamidewi, W., & Lubis, F. M. (2024). Pengaruh Brand Ambassador Idol Korea Red Velvet Terhadap Minat Beli Produk Azarine Dikalangan Followers Instagram @azarinecosmeticofficial.

Putra, M. I. 2014. Pengaruh Brand Ambassador Terhadap Brand Image Serta Dampaknya Terhadap Keputusan Pembelian (Survey Pada Pengguna Line Di Asia). Jurnal Administrasi Bisnis.

Qanaah, R. F., Abidin, Z., & Nurkinan, N. (2023). Hubungan Penggunaan Brand Ambassador Twice  Terhadap  Minat  Beli  Produk  Scarlett  Pada  Remaja. NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial

Era, F.K., Joko Widodo, Mukhamad, Z.( 2022). The Effect Of Using The K-Pop Idol Ambassador Brand And Company Brand Image On Purchase Decisions On The Marketplace Shopee.Jurnal Ilmu manajemen.

 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Analisis Semiotika Lukisan " The Starry Night " karya Van Gogh

Mengekspresikan Diri Saya

Literatur Review Lukisan - Lukisan Seniman Terkenal